Kamis, 06 Januari 2011

Perilaku induk kelinci bagian 2


 Menyambung postingan saya yang telah lalu, tentang perilaku dan karakter induk kelinci, saya akan coba paparkan karakter lain induk kelinci, sesuai dengan pengalaman saya. Semoga bermanfaat bagi teman-teman  pencinta kelinci pemula.

  • Induk yang galak dan protektif.  Biasanya agak agresif dan bawaannya curiga dengan suara-suara dan kepada seseorang yang datang. Sulit didekati. Ketika hendak melahirkan si induk akan kelabakan dalam mempersiapkan tempat beranaknya. Dalam menyusun rumput kering untuk alas melahirkan dia bersifat perfeksionis hingga memerlukan waktu yang cukup lama. Si induk akan merontokkan bulu-bulunya (biasanya buannnyaak dan tuebball..) Dia sensitif terhadap situasi keamanan sekitar kandang. Hati-hati jika anda ingin memeriksa anaknya, buat dia tenang, dielus, pastikan dia mengetahui bahwa anda tidak sedang membahayakan anak-anaknya. Fungsi lain mengelus induk adalah tangan anda akan beraroma bulu si induk, sehingga ketika anda memegang anaknya tidak akan merubah aroma anaknya, karena tetap beraroma sama dengan si induk. Kalau sampai anak-anaknya berubah aroma, terkadang si induk tidak mau menyusui. Jangan sampai membuat si induk panik, karena bisa membuatnya melompat ke kotak beranak dengan maksud melindungi bayinya namun karena disertai kepanikan maka anaknya bisa terinjak-injak. Pada dasarnya induk galak juga bertype keibuan. Biasanya dia pandai merawat ank-anaknya. Yang perlu anda lakukan adalah menciptakan suasana aman dan kondusif di sekitar kandang.
Lihatlah betapa indah dan nyamannya si induk membuat sarang
 
Induk yang protektif sangat rapat dalam membuat sarang. Tak segan tiap malam dia menambahkan bulunya ke sarang

4 komentar:

  1. Bagaimana kalau ternyata induk kelinci kita gak keibuan he..he..keindukan maksdnya Bro,bagaimana kita tau si induk gak care..?? Tq..

    BalasHapus
  2. Insyaallah pada bagian 3 pertanyaan anda akan terjawab..sabar ya..tunggu..trims udah komen..

    BalasHapus
  3. kok lucu dan pinter ya si induk kelinci, hingga begitu rupa?

    BalasHapus
  4. Hai Bela, udah pny kelinci belum..?? Lucu lho,bener kok, ntar kalo kamu dah pny pasti penasaran dan geli lihat tingkahnya..

    BalasHapus