Kamis, 25 Oktober 2012

AIR GULA UNTUK ANAK KELINCI YANG KOLAPS




Pernahkah anakan kelinci anda dalam satu koloni ada yang kolaps secara tiba-tiba? Lalu anda bertanya-tanya, kok bisa begini, padahal anakan yang lain nggak ada masalah? Padahal perlakuan kita sama? Dan kebanyakan kita bingung,.. apa yang terjadi? Anakan kelinci kita (biasanya sejak keluar kotak beranak s/d usia sekitar 2 bulan) tiba-tiba kita temukan sudah lemas dan hampir meregang nyawa. Diobati pakai apa? Wong nggak ngerti sakit apa.. dan kebanyakan berakhir dengan kematian karena kita tak tahu harus berbuat apa..?!!
Mengapa kolaps?
Kebanyakan masalahnya adalah dia (bunnies) nggak cukup pakan. Bisa jadi karena kita lalai ngasih pakan, bisa karena kalah bersaing berebut makan dengan saudara2 nya, karena pada usia ini si induk sudah mulai jarang menyusui karena menjelang sapih. Bisa juga karena dia malas makan karena stress, kurang sehat, kalau kita ya kursng enak badan lah kira-kira..he..he..
Lantas apa hubungan air gula dalam judul artikel ini dengan anak kelinci kita yang kolaps? Ketika anda temukan si bunnies terkapar, lemas, perutnya gepeng/kosong.. Kalau anda telat mengetahuinya, telat menanganinya maka anda akan segera melihatnya meregang nyawa..hiks.. Anda suntik apapun tak akan banyak menolong, karena ini bukan penyakit,.tapi kalau kita gak berbuat apa-apa maka dia mati..
Ini pengalaman saya: Elus dia dengan lembut, dan seolah kita berkata padanya 'hey..jangan panik, kamu pasti bisa melewati ini..kamu kuat..' he..he.. Kemudian siapkan air gula hangat, suapkan beberapa sendok makan air gula itu, atau tembakkan airgula ke mulutnya dengan memakai suntikan yang dilepas jarumnya. Syukur kalau sebelum kolaps anda sudah tahu tandanya, jadi dia bisa minum sendiri air gula itu. Tunggu sekitar 30 menit, perlahan dia mulai bangkit lagi, boleh anda beri 2-3 sendok lagi air gulanya sebagai cadangan energi. Lalu sediakan pakan didekatnya, berupa hay, atau rumput yang agak kering, karena banyak mengandung serat. Amati dia beberapa saat, kalau dia sudah mulai makan rumput yang anda siapkan, maka anda boleh bernafas lega, anda berhasil.. Namun anda harus tetap waspada sampai beberapa hari ke depan, kadang- kadang masih terjadi lagi, tergantung penyebab kurang makannya itu apa. Selamat mencoba.. Mohon maaf atas segala kekurangan, semoga bermanfaat.

99 komentar:

  1. Halo.makasih infonya,tapi sayang...5 jam lalu kelinciku telah tiada.paginya dia sudah saya dapati lemas,dia duduk tapi nyandar di dinding kandangnya.sya angkat ke tangan dia dah gak mau goyang2,kepalanya juga klo gakditahan jatuh terus gak ada tenaga.berdiri sja sdah gak bisa.aku gak tahu mau gimana jdi ku coba kasih makanannya tapi dia gak mau buka mulut,jdi ku elus2 sja,smbil berdoa n nangis...apa memang kurang makannya ya?padahal ku kasih makan teratur lho.malah klau dia mulai nyari ngendus2 aku kasih lagi sdikit,krna dia sdah makan sebelumnya...

    Andai saja blog ini saya temukan sebelum ajalnya,mungkin masih bisa sya bermain dgn dia skrg.

    BalasHapus
  2. halo juga... sabar ya?.. ya bukan selalu kurang makan, mngkin jg dia gak enak badan shg malas makan lalu kolaps.. nag biasanya yg demikian silakan beri air gula 2 sendok,tunggu sampai dia just,biasanya bangkit,kalo blk tmbh air gulanya dikit lg. kalau dah banging coba kasih hay(rumput layu) biasanya mulai mau makan..tp. hes selalu dikontrol dan dielus.

    BalasHapus
  3. saya sering ngalami hal spt itu brow...tp endingnya tewas semua anakan klinciku...so artikel ini sangat membantu..tp knapa saya sering ngalami setelah saya spet pake minum biasa..knapa matinya lebih cepat brow...mhon sharenya...

    BalasHapus
  4. >Bro Billy : Kalau dia kolaps dikasih air gula, yang fungsinya pengganti makan sementara,karena dia gak mau/bisa makan. Biar dia punya tenaga dulu sampai dia mau makan, dipantau terus sampai makan dg baik...trims.. dan harus cari tahu mengapa ia nggak mau makan..

    BalasHapus
  5. Jangan pake gula, lebih baik pake madu. Pengalaman saya, kelinci yang dikasih gula malah langsung tewas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengelaman pake gula tewas, pengalaman pake madu manjur ga? Ini kelinci saya jg lagi lemas gamau makan nihh

      Hapus
  6. Kelinci saya lemas, baca blog ini seketika saya kasih air gula. Gak sampai 5 menit..... Malah mati. Sayang saya gak baca komentar paling akhir, tau gini gak dikasih air gula

    BalasHapus
  7. Kalo ngasih air gula, sedikit2 aja, jng lngsng, kalo bisa sblm dia trlbjur kolaps..

    BalasHapus
  8. Aku punya kelinci baru melahirkan 3,hri trus dia gak mau menyusui anaknya, awalnya saja dia mau, lama2 dia susah kalo mau mnyusui harus di pegangin dlu. Setelah aku lihat bagian perut dan payudaranya biru dan bengkak, sekarang tmbah parah,bagian perut nya membusuk bgitu, pdhl sdh dikompres, itu kenapa ya? Kok bisa membiru dan basah sperti busuk. Apa obat nya?

    BalasHapus
  9. Haii.. salam kenal semua.. aku punya kelinci 3.. 2jantan 1betina. Baru tadi pagi si jantan yang yang satu kok berubah nafsu makan.. biasanya jago makan.. ini kok tiba2 mau makan tapi nafsu makannya berkurang.. kira2 aku harus gimana ya?..mohon share nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jantan tidak boleh gabung dengan jantan. Karena bisa berkelahi dan ujung2 nya mati.
      Saya pernah kayak mbak. Eh malah mati karena kelai. Dipisahin aja mba

      Hapus
  10. yang di maksud air gula merah atau air gula putih ya mas??

    BalasHapus
  11. Siapapun Yang bikin blog ini, aku berterimakasih bangettttt!
    Tadi pagi sekitar jam 6.50an aku ngasih makan kelinci2ku.
    Nah waktu aku ngliat, yang kecil malah diam ajaaa. Aku kirain cuma biasa2 aja. Waktu aku letakin sayur. Eh malah kepalanya nyosor (lemesss)
    Aku ambil, nyalain oven panggangan. Aku Kasih anget2 sambil elus2 .disitu aku ngerasa dia agak mendingan. Terus sambil aku searching. Dapatlah blog ini. Dan aku lgsg inisiatif. Bikin air gula hangat tapi pakai tropicanaslim ( gak punya gula biasa) lalu, aku tambahin sedikit air hangat.
    Dan aku jg punya spuit suntikan (berhubung ortu adalah dokter, jd gak perlu repot2 beli)

    Setelah aku Kasih dikit2
    Kondisinya semakin baik. Sampai skrg kondisinya terus membaik.
    Menurut saya. Kelinci agan2 yg langsung mati. Itu karena tempat atau cara pemberian tidak steril ataupun sudah terlambat penanganan. T
    Terimakasih banyak yaa. Walaupun caranya sederhana. Itu sangat sangat membantu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi banget buat blog ini yang aku buka di waktu yang tepat.makasi juga buat D'mealshake yang udah ngasi tau lebih rinci. Kelinci aku tertolong di waktu yang tepat. Gatau lagi gimana senengnya. Sekali lagi terimakasih banyak

      Hapus
    2. Makasi banget buat blog ini yang aku buka di waktu yang tepat.makasi juga buat D'mealshake yang udah ngasi tau lebih rinci. Kelinci aku tertolong di waktu yang tepat. Gatau lagi gimana senengnya. Sekali lagi terimakasih banyak

      Hapus
  12. mau sharing juga ne, smalam kelinci saya masih sehat2 aja. trua paginya ketika sya mau ngasih makan. eh 3 anak kelinci sya yg msih berumur 2 bulan malah terkapar tak bernyawa.. koq bisa sperti tu ya? mhon kmntrnya

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah.. berkat artikel ini.. kelinci ku terselamatkan.. trima kasih..

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah.. berkat artikel ini.. kelinci ku terselamatkan.. trima kasih..

    BalasHapus
  15. Aduh telat tau kelinci kesayanganku mati jdny. Hikss

    BalasHapus
  16. Mkasih banget yh yg bkin blog ini��Cleo ku ga jd mati,bisa main lg sama bareng kami��

    BalasHapus
  17. Beberapa menit yang lalu kelinci saya mati ,, dia lemes gitu trs kepala nya juga lemes yg gerak cuman kaki nya aja ,,, saya takut dia kepala teleng gitu baca di google abis kepalanya agak lemes tapi badanya yg lemes banget gitu tiduran kesamping saya cuman bisa nangis bingung trs baca artikel ini saya coba kasih air gula tapi mati -.-" sebelum nya dia agak bersuara gitu beberapa kali trs mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama banget. Dia kakinya gerak2 sambil bersuara😭 kaya sakaratul maut kali ya😭

      Hapus
    2. Sama banget 😭😭😭 Dia langsung mati pas saya kasih air gula 😭😭

      Hapus
    3. Sama kk saya juga baru kehilangan kelinci sya 30 mnit lalu 😭😭

      Hapus
    4. Kelinciku jg seperti ini kak, baru mati beberapa menit yg lalu 😭😭😭😭😭😭😭

      Hapus
  18. Kelinci saya lagi dimainin anak trs diterkam kucing,sempat bbrp kali kyk kejang nahan kesakitan.
    Saya bersihin pake air hangan dan betadine.
    Masih kejang jg, saya kasi air gula.
    Nafas nya terengah2.
    Kira2 masih bsa hidup kan? Usia nya baru 2 bln.😫

    BalasHapus
  19. Kelinci saya lemas, tapi masih mau makan trs gimana ya.. apa saya diemin aja

    BalasHapus
  20. Maaf bayi kelinciq bru 5 hari.,induknya gak mau nyusuin.,malahan udah dimakan 1 anaknya.,jadi sya pisahkan dari induknya.,sejak lahir saya langsung pisahkan karna induknya kanibal dan gak mau jyusuin..ko' matinya secara tiba tiba gitu ya..kejang kejang lalu kaku.,awalnya sya elus elus dengan harapan bisa baikan tapi tetap aja kaku pucat..itu solusinya apa ya.,penyebabnya apa..

    BalasHapus
  21. Kelinciku mulai lemas jam 17.30,jam 19.45 ini lagi aku kasih air gula pakai suntikan steril. Masih menunggu reaksinya.

    BalasHapus
  22. kelinciku lemes tdi pagi gk tau knapa,pas di kasih air gula kpalanya lngsung k'atas 😢

    BalasHapus
  23. Kelinci sya barusan tewas, sebelumnya kejang" lemas dan kotoran nya basah lembek, kelinci usia 1,5 bln kora kira knp ya? Atau krna makanan kah atau yg lainnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kelinci anda mengalami penyakit kotoran berair atau diare gitu makanya lembek kotorannya, lemas karena kelincinyaa nahan sakit gitu...iya bisa jadi dari makanan...kalo keseringan kasih makanan seperti sayuran yang mengandung banyak air sprti kangkung dll ya gitu bakalan diare, bagusnya itu sih kalo sayuran mengandung air tinggi dijemur dulu smpe layu baru kasih ke kelincinya itu juga dijarangin kasih sayuran mengandung banyak airnya (jadikan makanan sampingan aja) terus seringnya mah kasih pelet kelinci aja karena bagus mengandung banyak serat plus membuat kencing kelinci juga tidak bau, kalo kangkung nanti kotoran sama kencingnya bau banget, bisa bikin stress si kelinci nya sendiri kalo sering nyium bau kencingnya dan akhirnya nanti mati juga akibat stress.. .

      Hapus
  24. Makasih ya bang buat info nya, tadi sekitar jam 10,kelinci saya kolaps bang, gak tau knp sebab nya, semalem masih sehat aja.. Saya langsung cari ilmu di mbah google eh dapet Blogger ini, alhamdulillah sekarang kelinci saya udah normal lagi, makasih banyak ya bang

    BalasHapus
  25. Pengalaman berharga, kelinci saya tadi pagi sudah lemes nyender dan miring2, saya kasih air gula hangat dikit2 sempet kepalanya keatas2 trus saya pegangin kepanya saya senderin pake tisu, Alhamdulillah setelah 15 menit kelincinya mau duduk dan saya kasih sayur, dia langsung mau makan tapi dikit2, sekarang sudah baikan, makasih

    BalasHapus
  26. Alhamdulillah, kelinci adik Saya terselamatkan setelah mengikuti tips dari blog ini.

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah, kelinci adik Saya terselamatkan setelah mengikuti tips dari blog ini.

    BalasHapus
  28. Kelinci umur 1.5 bulan, tp kudisan, bs ngak disuntik ya?

    BalasHapus
  29. Kalo untuk usia 3 hari bisa pake cara ini?

    BalasHapus
  30. Kalo untuk usia 3 hari bisa pake cara ini?

    BalasHapus
  31. Kelinciku telat penanganan.. saat saya liat udh gelongsoran. Blm kejang2,tp nafasnya udh terbata2. Saya do'a in. Saya telat cari cara penanganan kelinci kolaps. Saya cm tinggal sebentar gendong baby dan ambil air gula,pas mau dkasih udh keburu benar2 gk ada nafasnya. Ya Allah sedih bgt rasanya.

    BalasHapus
  32. Kelinciku telat penanganan.. saat saya liat udh gelongsoran. Blm kejang2,tp nafasnya udh terbata2. Saya do'a in. Saya telat cari cara penanganan kelinci kolaps. Saya cm tinggal sebentar gendong baby dan ambil air gula,pas mau dkasih udh keburu benar2 gk ada nafasnya. Ya Allah sedih bgt rasanya.

    BalasHapus
  33. Kelinci ku lemas tak berdaya
    Aku Nemu blog ini
    Aku ksih air gula
    Skrng lgi nunggu reaksi nya
    Semoga ngk apa2 😭😭😭
    Aku sayang banget sama keke

    BalasHapus
  34. Tadi pagi jam 1 aku bangun dia masih baik2 aja pas jam 4 udah lemes banget aku ikutin artikel ini, ngasih air gula hangat tapi terus mati, mungkin aku telat😭 emang bener sih kayanya dia kurang makan karna rebutan sama temennya:") yaampun aku sedih bgt

    BalasHapus
  35. ka, kalo kelinci aku gamau minum, sama sekali pdahal udh pke botol khusus buat minumnyaa. Udah disodor sodorin juga tetep gamau.. Gimana ya cara nanganinnya, barangkali ada yg tau?

    BalasHapus
  36. Utk air gula memang benar bisa menolong, hanya harus hati2 saja jgn smpe tersedak atau masuk ke hidung kelinci bisa fatal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gula nya gula apa ka. Klinciku ksian lagi kolaps

      Hapus
  37. Makasih banget infonya aku ikutin caranya alhamdulillah krna cepet juga penanganannya aku elus2 smbil di ajak ngomong dikasih air gula selang setengah jam kelinci aku abby selamat udah mw makan sedikit sedikit itupun mwnya di suapin makannya hehehe

    BalasHapus
  38. Kelinci ku juga barusan mati ...
    Awalnya aq nggak nyadar klu dia nggak sehat ... Anak2 yg blg ...ante itu kayanya yg hitam sakit ... Tp aq nggak nggeh ... Orang waktu ku lihat dia lincah kok ... Pake manjat2 lg... Tp kok kpikiran terus kata2 anak2 td ... Aku lihat lg ke kandang ... Eee ... Taunya dia udah kolaps...aq nggak tau harus ngapain ... Ku angkat dan pisahin ma yg lain ... Buka gogle .. Cari tau..baru tau klu coba pake air gula ... Buru2 lah di buat ... Eee ternyata terlambat ... Dia udh nggak gerak .... Sedih ...😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭

    BalasHapus
  39. aQ sebelum nya ksi minyak makan,, Dy diem, mata nya kedip2 kalo aQ elus2,, terus aQ nanyak ke Dy sambil aQ Elus2 "hei Lulu, sakit yaach?" Terus Dy kedip 1 kali tp Dy masih nafas tenang,, masih ksi respon klo Dy masih bertahan,, sebelum nya Dy kejang2 dan tegang BDN by kepala nya menghadap keatas,, aQ ksi minyak, kejang dikit to agak lemes, kepala nya gak keatas Gie,, malah agak baikan tp setelah aQ ksi air gula hangat,, Dy respon kejang terus aQ ksi Gie dikit sambil Elus2,, Dy kejang2 dan bersuara,, dan mata nya udah gak kedip Gie,, udah gak gerak Gie Dy, hidung nya udah gak gerak2,, dah pergi Lulu kelinci aQ,, pdhl pagi nya Dy baik2 ajjah,, pas aQ masak, Dy sempet gangguin terus aQ marahin,, sempet aQ ksi makan, aQ panggilan Dy gak menghiraukan Gie,, pdhl Dy Gie duduk nyantai,, biasa by dipanggil langsung Dateng,, Dy mrh sm aQ,, sedih x😭😭😭😭😭😭😭😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kayak kelinci aku,namanya lulu juga.pas aku tidur dia kejang kejang dan mati😭😭😭

      Hapus
  40. Saya kasi air gula tapi ga sampe 5 menit kelinci sy mati 😭😭😭😭

    BalasHapus
  41. Kelinci saya sudah dikasih air gula knp masih nafas nya tersedat2 yah tolong dibantu

    BalasHapus
  42. dikasih air gula malah mati...😂

    BalasHapus
  43. Kalau anak kelinci usia 2 bln an area mulut nya keluar cairan kuning dan agak berbau,, it gejala nya ap ya dan solusi nya gmn...??
    Mohon pencerahan nya...

    BalasHapus
  44. Kalau kelinci area mulut nya keya berlendir warna kuning dan agak bau gmn cara penanganan nya yaa...
    Saya awam,, awalnya sh saya abis mndiin. . Bsk pg nya lngsng kya bgtu...

    BalasHapus
  45. Sempat kolaps jam 3 sampe jam 5:30 sore, begitu sy ksh air gula putih hangat, jam 7 lgsg mau menyusu induknya, trm ksh tipsnya

    BalasHapus
  46. Terimakasih banyak suda membuat blog yang sangat bermanfaat ini semoga kedepannya lagi saya lebih tanggap lagi dalam menangani kelinci saya(:. kelinci kesayangan suda istirahat tenang(: kejang" saya gatau mungkin kedinginan dan kelinciku yang satu ini beberapa menit yg lalu juga suda istirahat dengan tenang kejang" juga padahal kandangnya bersih selalu saya bersihin dan pola makannya selalu teratur entah pas sore tadi dia klo ada saya nggak gercep,nafsu makan menurun disitu saya khawatir:( Tapi kali ini aku tabah disini sy bisa mendapatkan pelajaran yg sangat berharga(:. Love u Emmo~Emmi

    BalasHapus
  47. Memang kelinci harus cukup pakan.hari ini kondisi yang sama, kelinci saya juga kolap. Lemes karna kurang pakan tadi malam. Sudah di coba cara di atas. Tp ya memang terlambat...

    BalasHapus
  48. Saya beli kelinci 2 ekor, tapi besok paginya yang 1 mati karna emang kayanya dia udah lemes dan sakit dari awal dibeli, sedangkan yang satunya sehat dan lahap banget makannya. Sehari setelah temennya mati, kelinci saya yang masih hidup tiba-tiba berubah kaya gak punya semangat hidup, apa karna dia kesepian ya? Dikasih makan sayur ini itu gamau ampe ibu saya bingung sendiri. Dan baru dicoba dikasih air gula setelah baca blog ini, semoga dia cepet sehat lagi sampe aku ada waktu buat nyariin dia temen. :'(

    BalasHapus
  49. aduuhh anakk kelinci q baru umur 1 mnggu,,,,nah yg 1 itu agakk lemess,,gag mau nyusu tiap ak deketin induknya,,udah dr kmaren 😭 pertanyaanya gmna caranya supaya anak kelinci umur q mggu yg lemess td mau nyusu sma induknya lagiii...mohon yg tau jwabanya 😢 (masih pemula soalnya)

    BalasHapus
  50. Kelinci q bru 1 mggu yg lalu melahirkan,,,nah anaknya yg 1 itu udah 2 hari ini agakk lemess g mau nyusu 😭 tiap ak dketin induknya jg g mau nyusu,,itu gmna solusinya untuk anak kelinci umur 1 mggu yg g mau nyusu... Mohon yg tau jwabanya 😭 soalnya sy masih pemula

    BalasHapus
  51. Makasih bgt ini ka buat tips nya .. Malam klnci coklat sy kasih aer gula dia mnim malah suka sbg pengganti madu lah dan bangkit kembali sehat .. Eh pas subuh² si coklat diem tdran melek😭😭😭 sy kita tdran.. Eh ternyata dy kt ibu sy mati😭😭😭😭😭😭 knp ga dr sblm ny sy baca blog ini ,, dan akhirnya yaa tinggal si klnci belang ya masih kuat dan masih ada :) smga ga ampe kyk si coklat ya 😭😭😊

    BalasHapus
  52. alhamdulilah kelinci aku langsung sembuh pas di kasih air gula

    BalasHapus
  53. Ada yg tau gx knpa klinci qu mlhirkan lg pdahal anak ny bru 1 bln dan jntan ny jg di pisahkan dri awal dia lahiran ,,sya tkut anak ny yg ini g di susui soalnya si anak"yg pertama masih menyusu bntu jawab y ??

    BalasHapus
  54. Gimana kak kalau kelincinya tiba" udah terlanjur geletak lemes dan tapi nafasnya sedikit-sedikit, gimana cara menanganinya mohon bantuanya ..

    BalasHapus
  55. Ga tau bagaimana kejadian ini waw saya rasanya mau lompat karena kelinci saya kembali hidup makasih artikelnya woww!!!!

    BalasHapus
  56. Ini barusan kelinci ku juga lemas sudah aku kasih air gula sekitar 10 menit masih lemas,tapi masih bernafas.semoga bisa sehat kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sudah sehat kelinci aku,setelah menunggu 1 jam,terimakasih semua nya.

      Hapus
  57. Kelinci ku baru aja mati , tapi ada yg membaik d kasih air gula ini mana yg bener sih? :(((((((

    BalasHapus
  58. Yaa Allah sedih liatnya, kmrn blm 1minggu snowy mati, ini si kuffy juga matii... 😭😭😭😭😭

    BalasHapus
  59. Kalau air nya dingin bisa nggak?

    BalasHapus
  60. Ini pertama kali saya menulis komen di sebuah blog, karna jujur saya sangat bersyukur karna hal ini sangat bermanfaat. Saya mengikuti cara tersebut dan alhamdulillah kelinci saya selamat, tadi sebelumnya saya sudah pasrah mengelus2 kelinci saya untuk terakhir kali, harapan saya dengan cara ini pun sangat sedikit. Saya rasa ini sebuah keajaiban setelah setengah jam kelinci saya sudah bisa berdiri dan mengendus2 makanan. Semoga kelinci saya tetap sehatt.. Aamiin

    BalasHapus
  61. Taik kelinci gua malah mati di kasi air gula

    BalasHapus
  62. Alhamdulillah setelah saya kasih air gula kelinci saya gak pernah kena penyakit lagi, karna udah mati

    BalasHapus
  63. Aku beli 2 anak kelinci namanya Bala sama Lala tapi Lala selalu terlihat lemas sampai suatu saat Lala terlihat sangat lemas jadi aku memberinya air gula setelah membaca blog ini, tapi malah kejang lalu mati aku sangat menyayangi Lala semoga Bala tidak kesepian������

    BalasHapus
  64. Baru aja kelinciku mati,setelah aq ikut Saran diatas dikasih Air gula,malah mempercepat kematiannya,😢😢 pdhal sblumnya masih bernafas.sediih liatnya,aq sayang meloo,semoga Mello senang disana.

    BalasHapus
  65. Hai kak. Makasih ya informasi nya. Skrg kelinci ku udh bisa bangun lagi. Tidam lemas lagi..

    BalasHapus
  66. alhamdllah krna mmbuka blog ini klinciku yg baru 1 bulan slamat
    tdi pgi ampir meregang nyawa krna telat ngsih makan
    krna buka blog ini trus sya kasih air gula batu,,,alhasil skrng jdi rakus lagi
    ini mukzizat allah

    BalasHapus
  67. Makasih saran nya, aku telat mengetahuinya klo si kelinci kolaps. Di kandang dia emang selalu kalah saing kalo soal makan. Pas ketahuan kolaps dia udh lemes susah berdiri,baru liat blog ini lngsng bikin air gula pas beres si kelinci baru aja jam 13.13 meninggal. Telat semenit,tpi gapapa jadi pelajaran jadi tau cara nanganinya

    BalasHapus
  68. Anak kelinci saya umur dibawah 1 bulan (3minggu) selamat gara2 baca ini. Gejala lemas, mojok, jalan oleng, tidak mau makan, tubuhnya dingin ga kaya yng lain dn hampir kejang2. Saya kasih 3 sendok kecil air gula hangat bertahap sambil dideketin rumput2an, hay dan daun kangkung masing2 sangat sedikit jumlahnya(sesuai porsi). Dan terakhir sya hngat kan suhu tubuh kelinci, karena saya gaada barang2 penghangat, saya dekatkan dengan kompor. Dn akhirnya sudah sangt sehat sampai sekarang. Sebelumnya kenali gejala lebih dini, karen kalau sudah kejang tingkat selamatnya sangt kecil

    BalasHapus
  69. bayik kelinci saya umur 10 hari juga mati tadi pagi, jam 05.30 saya liat kandang bayik kelinci saya udah nggletak ga bisa bangun, tapi masih ngap2an, padahal bayik kelinci yang paling besar, gak tau karna apa lemes tiba2, telat baca artikel ini saya, dan akhirnya perlahan2 mati jam10. R.I.P

    BalasHapus
  70. Kak makasih banget kelinciku agak baikan dikasih air gula. Yg lain yg masih sehat jg suka loh, malah lbh bnyak minumnya. Aman g y?

    BalasHapus
  71. Barusan aja kelinci ku mari umur 2 bulan. Padahal td siang dia sehat"aja masih lincah masi ku gendong". Eh pas abis asar tbtb dia kejang"dikandang tubuhnya dah ngeglosor kepalanya jg dah miring kainya aja yg gerak"dan sambil ngeluarin suara pas kejang:( abis itu galama dia mati sedih bgt. Dan baru nemu blog ini skrg.

    BalasHapus
  72. Kelinci saya mati setelah baca ini saya kasih air gula beberapa menit langsung meregang nyawa alias mati...gatau kenapa padahal kasih makan juga ngak pernah telat malah dia itu makanya lahap

    BalasHapus
  73. Kalu di tetep lemas walaupun udah di kasih air gula,terus gimana ya?

    BalasHapus
  74. PENGEN BGT NGE REPORT BLOG INI! HABIS SAYA IKUTIN TIPS NYA MALAH YG ADA KELINCI SAYA KEJANG” TRS MATI����

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget punya saya juga langsung mati setelah saya kahis air gula,kecewa banget ��

      Hapus
  75. Hai hafsha, terimakasih ya infonya. Aku baca blog ini pas banget kelinci ku lg lemes dan kejang2. Hari ini udah kedua kalinya dia Kaya gini.

    Menurut pengalaman aku sih ya, waktu masih ngendus/ mau makan coba dikasih buah pisang, Karena pisang punya kandungan gula tinggi jadi bisa menggantikan energi. Kalau sdh benar2 gamau makan baru coba dikasih air gula/madu, aku sih prefer di kasih madu hhe oiya jangan lupa sambil di hangatkan dan di kasih sayang lebih ya.

    Ini bener2 pengalaman pribadi aku temen2. Mungkin kalau kelinci kamu ngalamin Hal yang sama bisa di coba :)

    BalasHapus
  76. Alhamdulillah berkat air gula dan kuasa ilahi klinci kesayangan saya sehat lagi

    BalasHapus
  77. Anakan kelinci ku hampir mati semua
    Tinggal satu tapi agak lemas langsung saya obati pakai air gula
    Alhamdulillah sekarang udah lincah lagi

    BalasHapus
  78. Kelinci saya dah mati. Telat nemu blog ini

    Saya mangis terus

    BalasHapus
  79. Kalau buat kelinci usia 1 minggu bisa ga ya kak?

    BalasHapus
  80. iya sama tambak mati padahal massif bernafas dikit oku kasis itu mati :(

    BalasHapus
  81. Makasih banyak kak informasinya Akhirnyaaaa stelah beberapa jam kelincinya mau bangun tadi bener2 sakaratul maut gabisa bahkan angkat kepala.. Setelah dielus dikasih air gula bisa bangun Lagi terimakasih

    BalasHapus