Jumat, 01 April 2011

TRIK MENEKAN BIAYA PAKAN UNTUK KELINCI

Pakan merupakan komponen yang vital untuk keberhasilan peternakan. Dalam beternak kelincipun demikian. Yang dibutuhkan adalah pakan yang berkualitas namun dengan harga terjangkau, murah, syukur free. Untuk penghobi / peternak kelinci pemula pasti pernah mengalami saat dimana kita dipusingkan dengan masalah pakan ini. Kita tak akan risau jika kelinci kita baru sepasang, dua, atau tiga. Namun bagaimana jika semakin bertambah, padahal kelinci tersohor karena produktivitasnya? Ada yang semakin semangat, ada pula yang patah arang beternak kelinci, bahkan tutup kandang? Berikut trik sederhana mengatasi pakan untuk peternak pemula :
  1. Cari pakan yang ada disekitar kita, yang penting kenali yang berbahaya untuk kelinci kita. Pastikan pakan bersih, kalau perlu dicuci. Berikan setelah layu (wajib).
  2. Manfaatkan bagian sayur mayur yang tidak kita konsumsi. Bukan yang busuk.
  3. Manfaatkan sisa-sisa nasi yang masih bersih dan baik. Untuk campuran pakan.
  4. Berikan pakan yang beragam dalam ransum, supaya kelinci tidak manja untuk makan jenis pakan tertentu sehingga kita kelabakan jika stok habis.
  5. Tanam disekitar kita apa-apa yang dibutuhkan kelinci untuk pakan dan obat-obatan. Gunakan urine kelinci yang terkenal dasyat untuk menyuburkan tanaman kita. Contoh, kita bisa tanam kangkung dsb di lahan sisa sekitar rumah/kandang.Semoga bermanfaat.

Menanam kangkung di sekitar kandang dengan urin kelinci yang dahsyat

5 komentar:

  1. klo daftar obat kelinci ada gan? ane lagi nyari-nyari nyasarnya ke blog agan.. heheh

    BalasHapus
  2. @pri cimbun :Thanks atas 'nyasarnya' ke blog ane,yang agan cari obat apa? kimia pa herbal..kl disekitar ane, ane tanemin jahe,kencur,dan sebagainya,dan tumbuhan liar yg semak2 itu bnyk yg bermanfaat utk pencegahan penyakit,seperti wedusan,daun kentut(sembukan)baik buat kembung,ngasihnya dicampur braneka rupa aja..

    BalasHapus
  3. boss alamatnya mana boss

    BalasHapus
  4. trim's mas... atas pencerahannya. hal yang ingin ana tanyakan, gimana kalo merawat kelinci anggora yang bulunya agak gimbal gitu ?tlg tips-nya dah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Mas Ujang : kalau usianya diatas 4 bulan bisa di mandiin,dipotong2 dulu gimbalnya...

      Hapus