Jumat, 08 Juli 2011

MENGATASI KELINCI PILEKS

Bila mendapati kelinci anda bersin-bersin, apalagi terus-terusan, anda musti hati-hati, barangkali gejala awal flu. Banyak disebabkan karena kebersihan kandang yang kurang diperhatikan, apalagi sekitar kandang berdebu..Anda bisa atasi dengan memberikan Vitamin B12 atau B kompleks. Sediakan selalu air bersih untuk minumnya. Lantas bagaimana mengatasi kelinci yang udah terlanjur pileks yang ditandai dengan keluarnya ingus, kadang susah bernafas yang mengakibatkan dia malas makan/tidak mau makan. Kalau udah begini bahaya, bisa mengakibatkan kematian, bukan karena pileks nya tapi karena gak mau makan, karena kita ketahui kelinci menonjol dalam hal penciumannya ketika mendeteksi makanan. Berikut cara mengantisipasinya :
  1. Pisahkan dulu kelinci yang sakit dari koloninya,untuk mencegah penularan dan agar lebih mudah dalam merawatnya.
  2. Kalau masih mau minum, campurkan B12/kompleks ke dalam minuman, kalau udah parah di injek, untuk kelinci dewasa 1cc setiap pagi dan sore, sebagai penopang daya tahan tubuh dan pengganti makan sampai sembuh.
  3. Tarik pakan padat, fokuskan hijauan yang dilayukan.
  4. Suntikkan vaksin yang mengandung Oxytetracyline dan Lidocaine HCl, misalnya MEDOXY L atau yang semacamnya 1cc, diulang lagi 3 hari kemudian jika belum sembuh.
  5. Rawat dengan sabar dan penuh kasih sayang, karena akan membutuhkan beberapa hari bahkan 1-2 minggu untuk sembuh total.
  6. Mencegah lebih baik daripada mengobati, maka jagalah kebersihan kandang anda..SEMOGA BERMANFAAT..

22 komentar:

  1. pak, kelinci saya baru hari ini kena flu. tadi pagi, sebelum kandang dibersihkan, saya lepas kelinci saya di halaman rumah. kandang memang saya cuci setiap hari, jadi otmatis saya lepas kelinci saya setiap hari. setelah kandang bersih, saya masukkan lagi kelinci ke kandang, lalu saya jemur sekitar 5 menit dengan maatahari pagi menjelang siang. kira-kira penyebabnya apa ya pak? saya sudah coba kasih kol, tapi tetap gak mau makan. ada saran dari teman, katanya kasih madu. apa boleh pak kasih madu ke kelinci yang sedang sakit? terima kasih atas perhatian bapak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://hafshakelinci.blogspot.com13 September 2012 pukul 12.33

      @Shohwah Bosnia : Mf ya, telat mbalesnya..lama gak sempat buka2 blog.. Insyaallah gak masalah dikasih madu..madu baik buat sehat maupun sakit. Fungsinya madu disini lebih sebagai penyuplai tenaga buat kelinci anda...kan dia males makan karena pileks..syukur sambil diobatin..tiap pagi dan sore di injek B12/B complex 1cc tiap pagi dan sore. Kebanyakan kelinci pileks mati bukan karena pileksnya, tapi karena dia gak mau makan...jdi tenaganya harus di suplai dg madu dan injek B12/B complex yg jg berfungsi sbg peningkat daya tahan tubuh..terima kasih

      Hapus
  2. pak kalo boleh minta nomor hp bapak donk!

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Pak mau tanya ,kelinci saya sudah beberapa hari ini selalu bersin-bersin dan tidak mau makan ,penyebabnya ap ya pak ?
    untuk kebersihan kandang saya selalu bersihkan sehari sekali pak ,dan untuk B12/B itu djual dmna ya pak ??
    mohon info dan cara penyembuhannya pak ,supaya kelinci saya bisa sehat dan aktif lagi.

    terima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. @ dewi yuni, bisa saja kelinci rentan pileks, karena cuaca yg akhir2 ini ekstrem. Baca lg artikelnya, usahakan ingus di lap pake tisue ato kapas basah. B12 dan B kompleks bnyk dijual di toko pakan ternak. Biasanya B12 merah, B komplek kuning. Trims telah berkunjung, semoga berhasil..

      Hapus
  5. Malam pak.kelinci sy lagi hamil plus pilek juga.solusinya apa ya?terima kasih

    BalasHapus
  6. @lia: mohon dibaca lg artikel yg sy tulis, suntik b12 ato b kompleks tiap pagi dan sore

    BalasHapus
  7. Pak saya sayang banget sama kelinci saya...dia kena jamur dan flu..d kota bengkulu gx ada dokter.saya bingung kalo mau beli obat harus k mana??tolong saya.saya gx bisa lihat kelinci saya k siksa gitu.mohon bantuan pak

    BalasHapus
  8. saya mau tanya kelinci saya saya kandangin di atas rumput tapi gak di alasin atau gk pakai kandang besi saya buat kandangnya pakai tripleks dan alasnya langsung rumput lapangan yg hijau apakah rumput lapangan yag hijau itu yg masih segar dapat membuat kelinci saya bersin2

    BalasHapus
  9. saya mau nanyak kelinci saya saya kandangin dengan alas rumput di lapangan dengan kandang menggunakan tripleks bagian nya saya tutup rapat kecuali pintu untuk di keluarin kelincinya kelinci saya saya taruh di kandang tsbt dia bersin2 apa ya yg salah mohon infonya ya

    BalasHapus
  10. Pak,saya mau nanya. Kelinci saya sudah lama bersin-bersin terus baru-baru ini kepalanya miring kekanan terus. Kalau masalah nafsu makan sih gak bermasalah. Itu gimana yah?

    BalasHapus
  11. Pak kelinci saya bersin2 tp gk menunjukkan klo dia bakalan ada gejala pilek, kira2 knp yah

    BalasHapus
  12. pak saya mau tanya. kelinciku bersin" terus dan mengeluarkan air di hidung. makanya seperti biasa. kandang juga sudah dibersihkan. tolong kasih tau tips biar cepat sembuh. terimakasih

    BalasHapus
  13. mau nanya pak obat yg paling ampuh buat kelinci yg pilek lumayan parah tp masih mau makan sih...
    apa ya pak obat nya,,, dan bagimana cara mengobatinya

    BalasHapus
  14. Kalau b12 di campur ke minumanx perbandinganx berapa pak

    BalasHapus
  15. pak mau tanya kelinci saya kok.hidungnya keluar air seperti flu itu cara penangannya gmna

    BalasHapus
  16. Pak kelinci saya di bagian mulutnya itu basah pak tapi. Dia gak bersin-bersin nafsu makanya juga bagus dan masih aktif pak gak lemas juga itu knp ya pak saya takut kelinci saya kenapa-kenapa krna biasanya nya di bagian mulutnya gak basah gitu pak tolong balasanya pak

    BalasHapus
  17. Kelinci saya mgluargan air di hidung dan dan tegok2 ke kanan terus gimana solusinya tidak mau makan

    BalasHapus
  18. Pak kemaren kelinci saya main di halaman rumah,sekarang kelinci saya bersih*,kandang nya bersih kok pak.dia mau makan pak,cuma hidungnya tersumbat sebelah pak,

    BalasHapus
  19. Assalamualaikum pak,
    Mau bertanya
    Kelinci saya bersin² dan mengeluarkan lendir putih itu bagaimana mengatasi nya ya 🙏

    BalasHapus