Rabu, 05 Januari 2011

Perilaku induk kelinci mempersiapkan kelahiran

Lucu, menggelikan, sekaligus takjub. Itu yang saya rasakan saat mengamati perilaku induk kelinci saat hendak melahirkan. Tak kurang dari 2 jam saya amati si induk karena keingintahuan saya untuk mempelajari perilakunya. Saya akan coba uraikan pengalaman saya dalam mengamati beberapa perilaku induk kelinci ini karena kebetulan kelinci saya sedang akan melahirkan dalam waktu yang relatif bersamaan.
Inilah hasil pengamatan saya :
  •  Induk yang 'keibuan' (eh..keindukan..:D). Si induk akan gelisah, kemudian mengumpulkan sisa-sisa rumput kering, maka anda boleh menambah sobekan-sobekan kertas,letakkan disekitar induk. Nanti dia akan 'menata' sendiri rumput dan kertas-kertas itu ke tempat 'persalinannya'..he..he.. Gak usah kita atur, biar dia sendiri. Induk yang 'keibuan' ini nantinya akan merontokkan bulu-bulunya setelah menata rumput dan kertas yang telah disusun si induk di kota beranak. Sampai tersusun rapi dan rapat, hingga aman dan nyaman untuk si bayi.  Anda bisa lihat sifat keibuannya dibawah ini.
Ciri induk yang 'keibuan'

Bulu yang hangat untuk bunnies


Mengumpulkan hay (rumput kering) untuk menyusun sarang



































(Bersambung)










Tidak ada komentar:

Posting Komentar