Jumat, 21 Januari 2011

PERILAKU INDUK KELINCI KETIKA MELAHIRKAN Bag. 3

Menyambung postingan yang lalu, akan saya beberkan 1 karakter induk kelinci, yaitu induk yang kurang care saat melahirkan. Biasanya si induk tidak berusaha membuat sarang, juga tidak merontokkan bulunya. Ini bisa disebabkan karena indukan yang memang kurang baik, inilah pentingnya selektif memilih bibit. Atau kandang kurang nyaman, mungkin tempatnya kurang aman, banyak pemangsa sehingga dia merasa kurang nyaman. Bisa juga pelayanan kita dalam hal pakan kurang diperhatikan. Bagaimana mengatasinya..?? Kita siapkan saja kotak beranaknya menjelang kelahirannya, boleh kita tambahkan potongan2 kertas, atau koran untuk membuat anak-anaknya tetap hangat. Itulah pentingnya mencatat tanggal perkawinannya, jadi ketika bunting memasuki hari ke 27 atau 28 kita siapkan kotak beranak.
Induk yang seperti ini kadang-kadang juga tak mau menyusui anaknya. Karena tingkahnya seolah-olah dia merasa tidak sedang beranak..Kita harus membuatnya nyaman, sering-seringlah kita elus dengan lembut, beri makan yang berkualitas, terutama hijauan. Sediakan cukup air minum. Bagaimana kita tahu si induk tak mau menyusui anaknya, padahal kebanyakan kelinci beranak pada malam atau dini hari..?? Insyaallah pada postingan berikutnya akan saya uraikan.


Si induk sama sekali tidak merontokkan bulunya, maka bisa kita masukkan kertas ke sarang



10 komentar:

  1. kelinci saya melahirkan pada siang hari , apa maksudnya ?

    BalasHapus
  2. Hai mbak Weni,.. kelinci emang secara umum(kebanyakan) beranak pada malam hari, atau dini hari/pagi.. Tapi siang jg ada, dan gak masalah kok, yang penting, kita fasilitasi dengan nyaman, cukup air, hijauan dan kotak sarang yg nyaman..Moga bermanfaat..

    BalasHapus
  3. bagaimaaa kalau kita telat enyiapkan kotak?? saya menyiapkan kotak ketika kelincinya sudah merontokan bulu trus saya pindahkan bulu kelincinya dalam kotak tp kelincinya tidak mau masuk kotak..

    BalasHapus
  4. bagaimaaa kalau kita telat enyiapkan kotak?? saya menyiapkan kotak ketika kelincinya sudah merontokan bulu trus saya pindahkan bulu kelincinya dalam kotak tp kelincinya tidak mau masuk kotak..

    BalasHapus
  5. kelinci saya melahikan namun ga ketauan, krn teriknya panas matahari, anak-anaknya terlihat ga bergerak, apakah dgn demikian pasti si anakan mati ?

    BalasHapus
  6. Sayamau tanya nih,kalau tidak sehgaja memegang kelinci dan mengangkat kelinci yg mau melahirkan apakah berpengaruh pd proses kelahiran karena saya g tau dia sedang melahirkan
    Kemudian saya lihat kakinya sdh keluar dn stlh beberapa jam anaknya tdk keluar" saya jd tkt anak dn ibunya mati,apa yg hrs dilakukan?

    BalasHapus
  7. Saya mau tanya kenapa kelinci tidak beranak dalam kotak nya sedangkan kotak sudah di sediakan senyaman mungkin tapi tetap beranak nya suka di sembarang tempat.itu penyebabnya apa ya? Terimakasih

    BalasHapus
  8. Saya mau tanya kenapa kelinci tidak beranak dalam kotak nya sedangkan kotak sudah di sediakan senyaman mungkin tapi tetap beranak nya suka di sembarang tempat.itu penyebabnya apa ya? Terimakasih

    BalasHapus
  9. Mbak siti: tak apa2 mbak, anak2nya lngsng dipindah ke kotaknya, diberi kertas. Mngkn lingkungan kandang kurang tenang..

    BalasHapus
  10. Untuk kelinci hollandloop melahirkanya apakah sama sperti kelinci lokal?

    BalasHapus